Almanak Desa

 

Almanak Desa merupakan upaya mendokumentasi dinamika perkembangan Desa yang menyejarah dalam merawat tradisi, kearifan lokal, mengelola potensi, bekerja dengan Undang-Undang Desa untuk mencapai tujuan kemandirian dan kesejahteraan kehidupan Desa. Dinamika itu bergerak dengan waktu dan kemampuan Desa mengakumulasinya dengan sandaran adab tradisi dan mimpi kolektifnya tentang masa depan. Almanak Desa ini disusun dan dipublikasi saat Desa bergelut dengan pelaksanaan 3 (tiga) tahun Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Harapan banyak ditumpukan pada Desa, bangsa ini akan maju jika pembangunan Desa menemukan martabat keberhasilamnya. Membangun Indonesia dari Desa dan Daerah Pinggiran, itulah bendera Nawacita ke-3 yang berkibar di mana- mana, di selur uh pelosok Desa. Gairah yang memuliakan semang at membangun bangsa.

Sejak dulu diketahui, Desa adalah arena kehidupan yang penuh kisah, unik, kesedihan yang terkadang tragis, dan sekaligus hebat dan indahnya budaya dan alam. Desa selalu menjadi sasaran pembangunan karena di sana kemiskinan dan ketimpangan tampak nyata. Desa selalu dipuja, sebagai tempat menentramkan hati karena begitu indah suasana alamnya. Desa selalu hadir dalam tampilan media karena di sana konflik sumber daya alam dan agraria seolah tak pernah ada ujung selesainya. Dan kini, banyak pengetahuan, energi dan kekuasaan mengarah pada Desa bersama berlakunya Undang-Undang Desa. Dinamikanya sungguh luar biasa.

Almanak Desa mencoba memahami Dinamika Desa yang luar biasa itu. Kegiatan Almanak Desa ini ada dibawah koordinasi Direktorat Pelayanan Sosial Dasar, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Almanak Desa merupakan salah satu kegiatan prioritas untuk mendukung kerja pemberdayaan Desa Adat, dan sekaligus mendokumentasi dinamika Desa dalam kontribusinya mencapai tujuan dan target/sasaran prioritas nasional pembangunan Desa. Lokus Desa dalam penyusunan Almanak Desa adalah 40 Desa untuk Tahun Anggaran 2016. Proses penyusunannya dilakukan dengan kerja riset data dan lapangan, penulisan dan publikasi. Momentum pelaksanaan Undang-Undang Desa menjadikan Almanak Desa ini juga diorientasikan pada kebijakan, terutama dalam aplikasi Trimatra Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Untuk lengkapnya, buku Almanak Desa dapat diunduh di bawah ini,

Almanak Desa.pdf – 38.1 MB

 

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..