Analisis Sicko

Sicko adalah judul film dokumenter pada tahun 2007 yang dibuat oleh Michael Moore. Film ini menyajikan tentang sistem jaminan kesehatan di Amerika Serikat yang berfokus pada asuransi kesehatan dan industri farmasi yang diperbandingkan dengan sistem jaminan kesehatan di Kanada, Inggris, Perancis dan Kuba.

Asuransi kesehatan berkembang dimulai dengan solidaritas bersama yang sifatnya kumpulan kecil semacam dana sehat, dana sakit, dan sebagainya. Usaha yang kecil ini umumnya tidak memadai untuk berkembang karena sifatnya yang sukarela dan besaran iuran tidak dihitung secara memadai. Untuk mengatasi kegagalan system asuransi kecil dan bersifat lokal terdapat dua modus besar yaitu pengelolaan secara komersial dengan tingkat profesional yang tinggi dan pengelolaan secara asuransi sosial yang bersifat wajib diikuti oleh semua orang dalam suatu golongan. Sementara sistem asuransi kesehatan komersial lebih berkembang di Amerika Serikat karena negara membatasi tumbuhnya asuransi sosial untuk kecelakaan kerja dan asuransi kesehatan bagi orang tua saja. Di Amerika Serikat, sebagian besar pelayanan kesehatan dikelola oleh pihak swasta, salah satu contohnya adalah masalah asuransi. Hampir semua perusahaan asuransi diAmerika Serikat berada di tangan swasta sehingga peran pemerintah dalam mengatasi masalah asuransi sangatlah terbatas.

Lemahnya kemampuan pemerintah Amerika Serikat dalam mengatur masalah asuransi menjadikan banyak rakyat Amerika Serikat yang menderita. Selama ini perusahaan asuransi swasta selalu mengincar masyarakat kalangan menengah ke atas karena dianggap lebih menguntungkan dari pada masyarakat kalangan menengah ke bawah. Akibatnya banyak masyarakat kalangan menengah ke bawah yang tidak tersentuh oleh program asuransi kesehatan. Warga Amerika Serikat tergolong masyarakat yang sangat memperhatikan masalah kesehatan. Biaya yang mereka keluarkan untuk kesehatan sangat tinggi, hampir setara dengan biaya konsumsi sehari-hari. Kesadaran warga Amerika Serikat akan kesehatan sangat tinggi. Sayangnya, tingginya kesadaran ini tidak diimbangi oleh biaya pengobatan di Amerika Serikat. Biaya pengobatan di rumah sakit Amerika Serikat terlalu mahal sehingga masyarakat banyak memilih untuk berobat di luar negeri. Pemerintah Amerika Serikat yang merupakan negara kapitalis sadar akan biaya kesehatan yang tinggi sehingga dikeluarkannya suatu undang-undang tentang pembiayaan kesehatan yang sering disebut “Obama Care” banyak pihak tidak menyetujui penerapan undang-undang ini karena dengan berlakunya undang-undang ini maka akan mempengaruhi pendapatan dari perusahaan asuransi swasta. Kebijakan ini diterapkan mulai tanggal 1 januari 2014.

Terlihat dari film Sicko yang menayangkan beberapa kasus asuransi kesehatan di Amerika Serikat merupakan fakta yang mengerikan untuk sebuah negara maju. Sebagai negara industry dengan tingkat perekonomian maju dan unggul dengan berbagai bidang tak terkecuali teknologi seharusnya Amerika Serikat dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang bergejolak di dalamnya. Masyarakat Amerika Serikat yang seringkali mengeluhkan berbagai macam masalah jaminan dan pelayanan kesehatan membuat mereka tak jarang memilih pergi mencari layanan kesehatan di luar negeri seperti Inggris. Jika diamati dalam film Sicko, tampak bahwa di Inggris terdapat rumah sakit milik pemerintah yang semua pasien berobat tidak memerlukan biaya. Bahkan jika ada pasien yang keluar dari rumah sakit dengan tidak mempunyai biaya pihak rumah sakit pun membiayainya. Disini jelas sangat berbeda dengan Amerika Serikat. Sebahagian warga Amerika Serikat mngeluhkan asuransi kesehatan yang tidak menjamin kesehatannya, yang bahkan pemerintah tidak berperan dalam kesehatan.

Berbeda dengan beberapa negara yang dibandingkan seperti Kanada, Inggris, Perancis dan Kuba yang sudah unggul dalam pelayanan kesehatan masyarakatnya, jarang sekali masyarakat dari negara tersebut mengeluhkan pelayanan kesehatan seperti asuransi yang buruk. Justru beberapa dari mereka sangat berbangga kepada pemerintah karena sudah sangat baik dalam melayani kesehatan masyarakat.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa dijadikan alasan kenapa biaya kesehatan di Amerika Serikat selalu meningkat setiap tahunnya,

  • pertama, alat kesehatan yang digunakan tergolong alat canggih sehingga biaya yang dikeluarkan pun ikut tinggi,
  • kedua, Standar pelayanan kesehatan yang semakin tinggi membuat biaya kesehatan ikut naik,
  • ketiga, Kenaikan harga obat oleh pihak swasta,
  • keempat, tingginya biaya asuransi yang dengan mudah dikendalikan oleh swasta.

Posisi-posisi tersebut yang menempatkan Amerika Serikat sebagai negara yang paling mahal di bidang kesehatan. Biaya yang dikeluarkan jauh dan terlalu tinggi jika dibandingkan dengan pelayanan dan hasil yang diperoleh.

Namun, ekonom Hans Sennholdz berpendapat bahwa kenaikan biaya kesehatan diAmerika Serikat sebenarnya dipicu oleh biaya untuk program Medicare dan Medicaid. Kenaikan biaya kesehatan tidak sepenuhnya diakibatkan oleh masalah asuransi kesehatan. Survei dari Medical Expenditure Panel juga mengatakan bahwa masalah kesehatan ini tidak sepenuhnya berasal dari masalah asuransi kesehatan.

Pada tahun 1996 lembaga tersebut pernah mengadakan survei dan hasilnya adalah tingginya angka pengeluaran kesehatan tidak bisa disama-ratakan. Ketimpangan masyarakat Amerika Serikat dalam hal biaya kesehatan sangat tinggi. Para milyarder dan jutawan di Amerika Serikat umumnya mengeluarkan biaya yang sangat tinggi dalam hal kesehatan. Milyarder yang jumlahnya hanya 1% dari populasi penduduk Amerika Serikat ini ternyata mendominasi 27% pengeluaran biaya kesehatan di AS. Sementara jutawan yang jumlahnya hanya 5% dari populasi penduduk Amerika Serikat ternyata mendominasi 53% pengeluaran biaya kesehatan di AS.

Tingginya pengeluaran kesehatan bukan disebabkan oleh biaya kesehatan yang tinggi, tetapi karena ada sebagian kecil masyarakat yang mengeluarkan biaya kesehatan secara berlebihan dan mengakibatkan peningkatan angka pada tingkat nasional. Namun secara umum tingkat kesehatan di Amerika Serikat masih tergolong sangat baik.

Bagaimana dengan Indonesia?

 

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..