Dirgahayu Indonesia Ku

Intro

Hari ini, tanggal 17 Agustus, 71 tahun yang lalu, lembaran baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara berdaulat di Indonesia diproklamirkan atas nama bangsa Indonesia oleh Sukarno dan Hatta di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta, setelah kurang lebih sekitar 350 tahun hidup terjajah.

Palestina adalah negara pertama yang memberikan pengakuan secara de facto atas kemerdekaan Indonesia

Namun setelah terproklamirkan kemerdekaan Indonesia pun tidak serta merta merdeka, karena kemerdekaan Indonesia belum diakui oleh dunia internasional secara de jure tetapi hanya diakui secara de facto dan itu pun baru diakui oleh Mesir tujuh bulan kemudian atau pada tanggal 22 Maret 1946 dan baru mengakui secara de jure pada 10 Juni 1947. Tetapi yang mengejutkan sekaligus membanggakan dan juga terharu, sejarahnya ada negara yang mengakui keberadaan serta kemerdekaan Republik Indonesia secara de facto pada tanggal 6 September 1944 atau sebelum Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Negara itu adalah Palestina memberikan “pengakuan” atas kemerdekaan Indonesia, tepat pada saat Jepang memberikan janji atas kemerdekaan Indonesia.

Dan di hari ini, pada jam ini, menit ini dan pada detik ini, saya panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Kasih Sayang, “terima kasih atas nikmat kemerdekaan yang Kau berikan, semoga Indonesia semakin jaya, menjadi negara yang besar dan berdaulat, rakyatnya semakin makmur berdikari berkeadilan, dan semakin tercapai dengan nyata dalam arti yang sesungguhnya, amiin ..

dan berikut sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam infografis ..

© 2016 – 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..