Guest on Duty : Japan International Cooperation Agency

Kemarin siang, Senin, 13 Maret 2017, kami menerima tamu, perwakilan dari JICA (Japan International Cooperation Agency), Mr. Haruo Ito, yang diterima oleh dr. Hanibal Hamidi, MKes, Direktur Pelayanan Sosial Dasar, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, mempresentasikan Proyek Peningkatan Kapasitas Manajemen Kabupaten Kesehatan Di Provinsi Sulawesi Selatan Tahap I dan II, juga mengutarakan memiliki minat membantu pembangunan pada bidang kesehatan, terutama di tingkat Desa dan menyampaikan pula bahwa JICA telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam hal pengembangan program Desa Siaga sejak tahun 2009.

Kemudian disampaikan oleh kami bahwa dengan lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka sistem yang telah diterapkan terdahulu dalam pengembangan program Desa Siaga tidak dapat diterapkan kembali karena akan mencederai kedaulatan Desa sebagaimana termaktub di dalam Undang-undang Desa tersebut. dan kami sampaikan pula bahwa ada satu program multi sektor dan merupakan salah satu prioritas nasional dalam bidang kesehatan di tingkat Desa, yaitu lembaga Rumah Desa Sehat dan Balai Rakyat yang dikomandani oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Dan akhirnya menjadi berganti, bukanlah JICA yang memaparkan programnya tetapi menjadi kami yang memaparkan materi-materi tentang kewenangan Desa, Kedaulatan Desa, Paradigma Pembangunan Berwawasan Kesehatan, lembaga-lembaga Desa yang bertanggungjawab atas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa, prinsip-prinsip pendampingan Desa serta optimalisasi pemanfaatn dana Desa dalam pembangunan bidang kesehatan di tingkat Desa saat ini.

Dengan target capaian terbentuknya lembaga Rumah Desa Sehat di 50.000 Desa di tahun 2019, JICA sangat antusias mendengar paparan kami tentang kelembagaan Rumah Desa Sehat tersebut, dan ingin sekali menindaklanjuti secara serius pada pertemuan berikutnya setelah mereka mendapatkan materi Rumah Desa Sehat.

Materi Rumah Desa Sehat dapat diunduh di postingan Rumah Desa Sehat, Desa Daulat Sehat dan semoga memberikan manfaat ..

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..