Hari Blogger Nasional

Hari ini para blogger memperingati Hari Blogger Nasional yang sebenarnya pada awalnya dikenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger yang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober. dan tanggal 27 Oktober ini dapat disebut sebagai tonggak ditetapkannya Hari Blogger Nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu, Muhammad Nuh membuka sebuah acara yang digagas untuk mewadahi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan pada tanggal 20 Oktober 2007, beliau mencanangkan bahwa pada tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional.

Muhammad Nuh

Event tahunan yang bertajuk Pesta Blogger tersebut kemudian berkembang sedemikian rupa sehingga mampu menarik banyak blogger nasional untuk turut serta di dalamnya. Seiring dengan perkembangannya, acara tahunan yang dulunya hanya berfokus kepada pesta akbar para blogger se-Indonesia kemudian mulai mengalami pergeseran fokus. Acara tersebut mulai dirancang untuk menekankan pada para blogger untuk bisa mengelola blog mereka lebih serius lagi sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Selain bisa digunakan sebagai sumber penghasilan, blog juga bisa dijadikan sebagai sarana memperluas jaringan pertemanan. Sehingga disarankan bahwa blog tidak hanya digunakan sebagai ajang curhat pribadi saja, namun lebih dari itu sebuah blog bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membuka peluang bisnis baru.

Jika bicara soal perkembangan blogger, setiap tahun bahkan saat ini tentu bermunculan banyak blogger baru. Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa kemunculan blogger dulunya masih banyak yang bersifat hanya menulis sebuah curhatan, atau perjalanan hidup mereka. Namun semakin ke sini, para blogger semakin berkembang dan mulai beralih fokus dari hanya sekedar curhatan berganti menjadi profit oriented.

Kemudahan mendapatkan uang yang ditawarkan dari aktifitas blogging membuat banyak orang yang mulai menekuni aktifitas ini sebagai sebuah profesi. Yang dulunya hanya dianggap sebagai sebuah profesi sampingan bahkan hanya sebuah pelampiasan hobi dalam menulis, kini sudah semakin banyak yang secara full time menggeluti dunia blogging sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan.

Dalam data “Social Media Landscape” yang dikeluarkan salingsilang.com, jumlah pengguna blogger di Indonesia mencapai 4, 1 juta pada Februari 2011. Sebanyak 80,65 persen menggunakan blogspot.com (blogger.com) dan 14,5 persen menggunakan WordPress. Sisanya menggunakan layanan lain.

Keseriusan dalam mengelola blog ini membuat tema-tema blogging yang diangkat juga semakin beraneka ragam. Mulai dari tema yang ringan seperti membahas joke-joke segar yang ada di masyarakat sampai dengan tema berat seperti bahasan mengenai politik dan sebagainya. Secara tata kelola blogging pun juga mengalami perkembangan yang lebih profesional. Blogging mungkin dulunya hanya dilakukan atau dikelola oleh satu atau dua orang saja.

Namun kini tidak cukup lagi hanya dikelola oleh satu atau dua orang dalam mengelola sebuah blog. Mungkin masih ada beberapa orang blogger yang masih mempertahankan diri sebagai single fighter dalam dunia blogging seperti saya, meskipun pada saat ini saya mengelola dan menulis di 3 blog/website secara aktif. Namun jika kita melihat beberapa blog yang tergolong besar dan bisa dikatakan sukses, rata-rata dikelola oleh beberapa orang. Paling tidak ada penulis atau kontributor sendiri yang aktif mengisi blog tersebut.

Kini, konsep blog di Indonesia juga mulai dikombinasikan dengan sosial media. Salah satu yang mulai mengembangkan sosial blog ini adalah Kompasiana. Kompasiana memiliki 8 ribu-an anggota yang berasal dari Indonesia dan negara lain (orang Indonesia yang sedang berada di luar negeri) pada usia menginjak 3 tahun saja.

Selamat Hari Blogger Nasional teman-teman. Semoga tulisan-tulisan kita membawa manfaat dan menjadi suatu sumbangsih dalam menjadikan Indonesia lebih baik.

© 2016, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..