Hari Kemanusiaan Dunia, 19 Agustus 2016

Intro

 

Pesan-pesan Utama Untuk Asia Pasifik

Antara tahun 2008 dan 2014, 184 juta orang mengungsi akibat bencana. Hal ini setara dengan satu orang setiap detik. Selama delapan tahun terakhir, bencana alam telah menyebabkan 25.4 juta orang mengungsi. Asia adalah wilayah yang paling rawan bencana di dunia. Setiap tahun hampir 50% kejadian bencana terjadi di Asia. 60% kematian yang disebabkan kejadian bencana terjadi di Asia. 84% dari mereka yang terdampak bencana alam di dunia tinggal di wilayah Asia-Pasifik 84 juta orang terdampak banjir di Asia-Pasifik setiap tahun. Diperkirakan 200 juta anak per tahun akan terdampak bencana alam di tahun-tahun mendatang.

Memprioritaskan Penanggulangan Bencana

Pada Hari Kemanusiaan Sedunia, kita menyoroti dampak bencana alam di Asia-

Penguatan kesiapsiagaan untuk respons bencana adalah prioritas untuk disepakati untuk wilayah Asia Pasifik. Tetapi tidak ada pendekatan satu ukuran yang cocok untuk semua dalam hal kesiapsiagaan

Pasifik dan seluruh dunia. Diperkirakan 84% orang terdampak bencana alam tinggal di Asia-Pasifik1, dan 60% kematian yang disebabkan kejadian bencana terjadi di wilayah tersebut2. Secara global 25.4 juta orang mengungsi akibat bencana alam setiap tahun, termasuk 11.5 juta orang di Asia3. Antara 2005 dan 2016, bencana alam telah menyebabkan kerusakan infrastruktur di wilayah Asia senilai US$736 milyar. Asia-Pasifik adalah wilayah yang paling rawan bencana dan penanggulangan bencana menjadi prioritas regional, tetapi juga harus menjadi perhatian global. Sementara dunia bergulat menghadapi dampak kemanusiaan dari konflik yang sedang terjadi dan pada saat yang lain bencana besar terjadi apakah di Asia atau di tempat lain, keseluruhan sistem kemanusiaan akan bertanggung jawab atas seberapa cepat dan efektif dalam menangani bencana.

 

  1. Data 2005 – 2016 dari CRED EMAT untuk kekeringan, gempa, banjir, longsor, dan pergerakan massa (akibat kekeringan), badai, dan aktivitas vulkanik.
  2. Sama dengan di atas.
  3. Jumlah pengungsi disebabkan bencana alam di Asia Pasifik di tahun 2015
  4. Data 2005 – 2016 dari CRED EMAT untuk kekeringan, gempa, banjir, longsor, dan pergerakan massa (akibat kekeringan), badai, dan aktivitas vulkanik.

Penguatan kesiapsiagaan untuk respons bencana adalah prioritas yang disepakati untuk wilayah Asia Pasifik. Tetapi tidak ada pendekatan satu ukuran yang cocok untuk semua dalam hal kesiapsiagaan, akan tetapi harus berakar pada skenario nyata, serta analisis ilmiah atas bahaya dan ancaman. Pengalaman menunjukkan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan kesiapan dalam respons cepat adalah dengan membuat kesepakatan pra-krisis antar sektor dan pemangku kepentingan di tingkat nasional tentang bagaimana upaya bekerja bersama, serta bagaimana bekerja dengan mitra regional dan internasional.

© 2016 – 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..