Jamboard, Papan Tulis Persembahan Google

Setelah Google berhasil merilis smartphone buatan sendiri dan dikabarkan akan merilis smartwatch, kini telah melansir sebuah produk whiteboard digital yang dinamakan Jamboard. Jamboard ini didesain Google untuk membantu sebuah tim melakukan kolaborasi pada saat sesi brainstorming mencari ide. Produk papan tulis digital ini berbasis cloud untuk membantu para anggota tim dalam berkolaborasi. Google Jamboard menyediakan tool ‘real-time collaboration’ yang sama dengan yang ada dalam G Suite (tool software kolaborasi dan produktivitas berbasis cloud) yang sebelumnya bernama Google Apps for Work.

Jamboard ini berjalan menggunakan sistem android, memiliki layar sensitive berukuran 55 inci yang memiliki resolusi 4K dan mampu merespon 16 sentuhan secara langsung. Jamboard ini juga dibekali dengan sebuah kamera HD dan speaker untuk konferensi video dengan Hangouts. Google juga menyertakan dua buah digital stylus untuk menulis dan sebuah penghapus microfiber. Jamboard ini tentunya dilengkapi dengan aplikasi G-Suite yaitu Gmail, Driver, Docs, Hangouts, Slides dan Slides.

Jamboard ini juga memungkinkan pengguna mengundang orang lain untuk mengikuti sebuah sesi brainstorming dengan aplikasi yang sudah terinstal di Jamboard. Peserta yang ikut sesi brainstorming tersebut juga akan mendapatkan ulasan secara real time dan bahkan peserta sesi tersebut juga ikut dapat menambahkan gambar hingga tulisan menggunakan smartphone mereka.

Google menyediakan Jamboard dengan beberapa opsi warna yaitu warna merah, biru dan perak. Tampaknya Google membuat target produk Jamboard ini untuk bersaing dengan produk Surface Hub buatan Microsoft, dimana Surface Hub juga memiliki fungsi sejenis dengan Jamboard, namun resolusi layar Surface Hub versi 55 inci hanyalah Full-HD (1080p). Google menjual Jamboard dengan harga US$6000 atau sekitar 81 juta rupiah. Namun harga Jamboard lebih murah jika dibandingkan dengan harga sebuah Surface Hub yang dijual dengan harga US$9000 atau sekitar 121 juta rupiah.

© 2016, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..