Kelahiran Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam

Tulisan ini adalah tulisan pertama di tahun 2017 seputar kisah Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam yang saya coba sarikan dari buku Ar-Rahiqul-Makhtum, Bahtsun fi as-Sirah an-Nabawiyah ‘ala Shahibiha Afdholushshalati wa as-Salami karya Syekh Shafiyur-Rahman Mubarakfury, hafizahullah. Buku ini berhasil mendapatkan juara pertama pada lomba penulisan sirah yang diadakan oleh Rabithah ‘Alam Islamy pada tahun 1937 Hijriyah, karena validitas buku ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, yang telah diterjemahkan oleh Abdullah Haidir pada buku Sejarah Hidup dan Perjuangan Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam.

Tulisan ini akan saya tulis secara bertahap dan disajikan dalam tulisan-tulisan berikutnya. Mohon maaf atas ketidaksempurnaan yang ada di dalam tulisan-tulisan saya ini, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan untuk yang pertama kali ini akan saya coba sajikan kisah Kelahiran Rasullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam.

Bismillahirrahmanirrahim ..

—————————–

Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam dilahirkan pada hari Senin pagi, 9 Rabi’ul Awwal, tahun gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 atau 22 April 571 Masehi di kota Makkah.

Beliau dilahirkan sebagai anak dari anak suku Bani Hasyim yang merupakan anak suku Quraisy, suku yang paling terhormat dan terpandang di masyarakat Arab pada waktu itu.

Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam lahir dalam keadaan yatim karena ayah beliau, Abdullah, telah wafat disaat Aminah, ibu Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam, mengandung Rasullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam dalam usia kandungan dua bulan.

Setelah Aminah melahirkan, segera dibawanya bayi tersebut kepada Abdul Muttholib, kakek Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam, yang kemudian sang kakek membawa bayi itu ke dalam Ka’bah dan berdoa serta bersyukur kepada Allah. Bayi tersebut diberi nama Muhammad; nama yang belum dikenal di kalangan masyarakat Arab waktu itu. Lalu pada hari ketujuh kelahirannya, Muhammad dikhitan.

*sarikan dari buku Ar-Rahiqul-Makhtum, Bahtsun fi as-Sirah an-Nabawiyah ‘ala Shahibiha Afdholushshalati wa as-Salami yang telah diterjemahkan oleh Abdullah Haidir pada buku Sejarah Hidup dan Perjuangan Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam.

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..