Manusia Sebagai Makhluk Sosial

 

Manusia adalah makhluk multidimensional yaitu sebagai personal atau individual, sosial-komunal, dan spiritual-kosmologikal. Dari kehidupan ini, muncul konteks mikrokosmos (pribadi) dan makrokosmos (alam semesta). 

Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak mungkin bisa memisahkan hidupnya dengan manusia lain. Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala bentuk kebudayaan, tatanan hidup, dan sistem kemasyarakatan terbentuk karena interaksi dan benturan kepentingan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Sejak zaman prasejarah hingga sejarah, manusia telah disibukkan dengan keterciptaan berbagai aturan dan norma dalam kehidupan berkelompok mereka.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa berinteraksi dengan manusia lain, misalnya interaksi antara penyuluh kesehatan dengan masyarakat atau interaksi antara petugas kesehatan dengan pasien. Jika hubungan interaksi tersebut tidak berjalan dengan baik maka tentu saja akan memberi dampak pada individu atau masyarakat itu sendiri. Ketika petugas kesehatan khususnya penyuluh kesehatan tidak tahu tentang bagaimana cara melakukan pendekatan sosial dan cara berinteraksi dengan suatu kelompok masyarakat maka tentu saja komunikasi tidak akan berjalan dengan baik dan akan berdampak pada kesehatan masyarakat itu sendiri.

Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karena beberapa alasan, yaitu:

  1. Manusia tunduk pada aturan, norma sosial
  2. Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilaian dari orang lain
  3. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain

Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..