Mengenal Tentang Infografis

Era saat ini adalah era Big Data, yang sangat memungkinkan kita mengolah apapun dari data-data yang tersedia serta menyajikannya secara visualisasi dalam suatu media. Dan mari kita coba mengenal tentang “infografis”, media yang mampu menghimpun serta menyajikan data-data tersebut dalam 1 lembar saja.

Kata “infografis” yang dalam bahasa inggris ditulis “infographic”, merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “info” yang berarti keterangan dan “grafis” yang berarti visualisasi gambar, sehingga “infografis” dapat diartikan sebagai suatu media yang menyampaikan/menerangkan tentang analisis suatu data yang dituangkan melalui visualisasi gambar.

Penyajian infografis ini dapat dilakukan melalui media cetak, media elektronik televisi serta melalui dunia maya yang ternyata sangatlah tidak mudah membuat suatu infografis yang dapat dipertanggungjawabkan. Dan berikut di bawah ini adalah proses pembuatan infografis.

Bagi saya, trend infografis ini sebetulnya bukan hal yang baru, tetapi justru kita kembali ke zaman purba dimana seluruh informasi dituangkan melalui gambar yang dapat dilakukan oleh siapa saja, hanya saja saat ini penyajiannya yang diolah melalui teknik grafis modern akan menghadirkan informasi dengan pendekatan grafis yang lebih wookkkeeeeehhh …. 

 

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..