Mengenang 5 Tahun Wafatnya Dani Fadil Asidik – Tragedi Bulu Kasok, IOX 2012

Tepat 5 tahun yang lalu tidak pernah lupa akan tragedi yang terjadi di sela kegiatan Indonesia Offroad eXpedition (IOX) 2012, Sabtu, 11 Februari 2012, pukul 17.00 WIB, di wilayah Bulu Kasok, Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat, seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, Dani Fadil Asidik, meninggal akibat musibah terjadi akibat lepasnya towing point yang ada di belakang kendaraan yang dijadikan towing point saat dua kendaraan peserta di saat sedang saling membantu untuk mengeluarkan kendaraan yang berada di dalam sungai tanpa jembatan dan tepat mengenai samping kiri kepala Dani fadil Asidik.

Berikut di bawah ini adalah pernyataan resmi bela sungkawa Ketua Umum IOX atas kejadian menyedihkan tersebut.


Ass.Wr.Wb.

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un,

Pada kesempatan pertama ini, izinkan kami mengucapkan rasa duka dan terpukul yang sebesar-besarnya atas musibah yang terjadi pada diri almarhum (alm) Dani Fadil Asidik, 9 tahun, warga desa Bulu Kasok, Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat, saat menyaksikan kegiatan Indonesia Offroad eXpedition (IOX) 2012, Sabtu (11/02/2012), sekitar pukul 17.00 WIB. Semoga Allah SWT menguatkan Orang tua Dani (alm) dan menjadi pembuka pintu surga bagi orang tua yang ditinggalkan kelak.

Berdasarkan penjelasan dari peserta yang menyaksikan sendiri kejadian tersebut, musibah terjadi akibat lepasnya towing point (tempat mencantol slink winch) yang ada di belakang dari kendaraan yang dijadikan towing point saat dua kendaraan peserta (satu di atas sungai dan satu lagi di dalam sungai) sedang saling membantu untuk mengeluarkan kendaraan yang berada di dalam sungai tanpa jembatan. Prosedur winching telah dilaksanakan, dan slink diberikan pemberat (dampener).

Pada saat itu, Dani (alm) berada di sisi samping kiri bagian belakang kendaraan yang sedang berada didalam sungai dan sedang ditarik kendaraan didepannya (berada di atas sungai) untuk keluar dari sungai tersebut.

Akibat lepasnya towing point di kendaraan di depan tersebut mengakibatkan towing tersebut tertarik ke belakang dan terlempar melambung dan mengenai Dani (alm). Begitu terjadi musibah tersebut, peserta yang berada di lokasi langsung melakukan panggilan radio kepada dokter yang saat itu berada tepat di belakang kelompok yang sedang melakukan proses recovery. Posisi korban saat itu tergeletak sekitar 2-3 meter d  samping kiri kendaraan bagian belakang yang melakukan winch.

Saat dokter Bastaman (peserta sekaligus dokter resmi Rombongan IOX 2012) tiba di lokasi sekitar 1-2 menit setelah panggilan radio, segera dilakukan pemeriksaan & tindakan medis terhadap korban sebagai pertolongan pertama dengan membalut luka dan memasang infus serta oksigen resusitator dan saat itu pula dokter Bastaman segera memutuskan untuk mengevakuasi korban ke rumah sakit terdekat. Kemudian, korban dievakuasi dan dirujuk ke RSUD Adnan MD – Payakumbuh. Setiba di RSUD Adnan MD  Payakumbuh, dokter IGD yang bertugas menyatakan korban telah meninggal dunia.

Selain melakukan evakuasi korban ke rumah sakit, setelah korban dikirim ke rumah duka, kami juga langsung menuju rumah duka di lokasi kejadian untuk menyampaikan rasa duka kami kepada keluarga korban dan menemani keluarga korban di sana. Pada Minggu (12/02/20012), korban dimakamkan dengan dihadiri oleh rekan-rekan IOX 2012 hingga sampai acara tahlilan pada malam harinya.

Sesaat setelah terjadi musibah kami juga sudah langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian, teman-teman dari Klub Sago 4X4 Paliko (Payakumbuh dan Lima Puluh Koto) yang tanpa diminta langsung bergerak membantu, Indonesia Offroad Federation (IOF) Pengurus Cabang (Pengcab) Paliko, IOF Pengcab Bukit Tinggi, serta Pengda Sumbar dan juga Ketua Umum IOF Pusat Jenderal Pol (Purn) Roesmanhadi.

Seluruh kegiatan peserta IOX 2012 dihentikan sejak musibah terjadi. Panitia juga memutuskan untuk membatalkan track 1 yang melalui Buluk Kaso untuk menghormati suasana duka dan juga memulihkan mental psikologis peserta yang jelas sangat terpukul. Peserta mulai Minggu (12/02/20012) dan Senin (13/02/2012), secara bertahap mulai ditarik mundur dan keluar dari lokasi kejadian untuk menunggu instruksi selanjutnya di beberapa lokasi peserta menunggu.

Pada Senin (13/02/2012) , sejak pagi hari hingga sore hari, panitia dan peserta telah diperiksa oleh kepolisian (Polres). Dan, disimpulkan musibah ini adalah kecelakaan murni yang tidak melanggar ketentuan dan prosedur yang ada. Untuk perizinan juga tidak menjadi masalah mengingat perjalanan ini telah mendapat ijin dari Polda Sumbar, Riau, Jambi, dan Sumsel serta Mabes Polri.

Pimpinan perjalanan IOX 2012 telah melakukan kesepakatan penyelesaiaan secara kekeluargaan dengan pihak keluarga korban termasuk Wali Nagari yang dilakukan di kantor Kapolres Paliko (Payakumbuh dan Lima Puluh Koto).

Pihak keluarga dan Wali Nagari menerima ini adalah musibah dan takdir yang tidak bisa dielakkan siapapun. Pertemuan berlangsung dengan sangat kekeluargaan dan penuh dengan kebesaran hati yang luar biasa dari pihak keluarga korban yang membuat kami semakin hormat.

Hati kami menjadi semakin terharu dengan kebesaran hati pihak keluarga almarhum dan Wali Nagari, salah satu anggota keluarga bahkan menyampaikan agar kami berkenaan mampir bila suatu saat kami melalui daerah tersebut lagi. Sebuah kebesaran hati yang tidak semua orang mampu melakukannya.

Dengan penerimaan dari pihak keluarga almarhum yang luar biasa sekali kebesaran hatinya, kami merasa hilangnya beban yang besar yang sebelumnya terasa berat membebani perasaan kami. Musibah ini walau sangat pahit sekali, diterima pihak keluarga dan Wali Nagari sebagai sebuah musibah dan takdir karena-Nya. Semoga Allah SWT membalas kebesaran hati keluarga Almarhum dengan kebaikan yang tidak terhingga.

Sekali lagi, kami sampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam yang memukul dengan keras perasaan dan jiwa kami atas musibah yang dialami oleh Dani (alm) kepada keluarga yang ditinggalkan. Semoga Allah SWT menguatkan orang tua Dani (alm) dan menjadi pembuka pintu surga bagi orang tua yang ditinggalkan kelak.

Kami sekaligus mohon maaf yang sebesar-besar dan sedalam-dalamnya atas terjadinya musibah yang tidak pernah diinginkan oleh siapapun ini baik kepada Dani (alm), orang tua dan keluarga Almarhum, Wali Nagari serta seluruh pihak yang menjadi (harus) membantu karena terjadinya musibah ini.

Dalam kesempatan ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta hormat yang sedalam-dalamnya bagi seluruh pihak yang telah secara luar biasa membantu dalam menghadapi musibah yang kami alami, teman-teman offroader dari Klub Sago 4X4 Paliko (Payakumbuh/Lima Puluh Koto), yang walaupun bukan menjadi panitia kegiatan IOX 2012 ini. Namun keberadaan mereka di depan yang terus menerus membantu proses penanganan musibah ini sangat luar biasa dan diakui sumbangan tenaga dan pikirannya oleh seluruh peserta IOX 2012 yang terlibat dalam penanganan musibah ini. Kami tidak akan lupa dengan upaya yang luar biasa dari teman-teman Sago 4X4 Paliko yang tulus dan all out ini.

Selain itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta hormat yang sedalam-dalamnya kepada teman-teman dari IOF Pengcab Paliko dan IOF Pengcab Bukit Tinggi yang terus mendampingi dan mendukung semangat kami. IOF Pengda Sumatera Barat, Ketua Umum IOF, serta teman-teman dari pihak Kepolisian, baik dari tingkat Polsek, Polres, dan Polda atas dukungan dan bantuannya selama proses penanganan musibah tersebut berlangsung.

Termasuk juga kepada teman-teman peserta IOX 2012 yang kompak yang telah bergerak cepat melakukan upaya penyelamatan pertama dan evakuasi korban dan segala upaya baik spontan ataupun yang terkoordinasi dalam penanganan musibah yang terjadi.

Satu hal yang kami pelajari dari musibah ini adalah semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang sangat kuat dari sesama anggota IOF yang membuat musibah ini dapat ditangani dengan baik. Semoga musibah ini bisa menjadi pelajaran yang berharga atas aspek safety first dan juga kita mendapat hikmah-Nya .

Wassalam Wr.Wb

Dandossi Matram
Ketua IOX 2012

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..