Negara Dalam Pembangunan Kesehatan Sebagai Hak Dasar Manusia

Intro

Kesehatan adalah hak dasar setiap manusia yang dijamin dalam Konstitusi negara kita. Yang artinya memandatkan keberadaan negara dalam pembangunan kesehatan sebagai hak dasar manusia. Namun demikian hingga saat ini aksesibilitas atas layanan kesehatan masih sangat rendah.

 

 

Indonesia dalam pandangan saya, saat ini memiliki sistim kesehatan yang berorientasi bisnis, dan hal ini terlihat dalam kehidupan sehari-hari yang mendapati layanan kesehatan tersebut cenderung diukur dari kemampuan ekonomi seseorang.

“orang miskin dilarang sakit”

Bahkan ada idiom yang mengatakan, “orang miskin dilarang sakit” sebagai akibat dari banyaknya kisah tentang pasien miskin yang ditolak oleh pihak rumah sakit. Kalaupun sekarang adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan dilaksanakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), rakyat tetap harus mengeluarkan biaya sebagai iuran. Dan hal itu pun tersegmentasi berdasarkan besaran iuran yang berbeda pada Kelas III, Kelas II dan Kelas I yang setiap kelas tersebut memperlihatkan perbedaan kualitas layanan. Itulah wajah sistim jaminan kesehatan nasional kita: berbayar dan bersegmentasi.

Sebagai perbandingan, mari kita lihat empat negara sosialis di Amerika Latin yang menjadikan layanan kesehatan sebagai hak dasar bagi seluruh warga negaranya.

 

© 2016 – 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..