Pemimpin dan Peluang

Irisan tengah antara idealisme yang terlalu realistis dengan realisme yang terlalu pragmatis adalah sikap yang bernama optimisme. Seorang pemimpin tetap mempertahankan optimisme dalam menjalankan setiap misinya, menjalankan rencananya. Pemimpin tidak akan mempersoalkan rencana yang terlalu sederhana atau rencana yang sangat luar biasa, baginya berada dalam perjuangan mewujudkan rencana itu sendiri sudah merupakan suatu kemenangan. Baginya menjalankan misi adalah tugas yang sakral, dan kemenangan sudah dicapai ketika ia menjalankan misinya, paling tidak kemenangan atas rasa takut, kemenangan atas rasa tidak berdaya, dan kemenangan dari sifat pengecut.

Jika kemudian dalam berjuang menjalankan misi dan rencana, pemimpin mendapatkan hasil yang gemilang dan bahkan peluang datang di luar rencana yang membawa kemenangan jauh lebih gemilang, itu semua bermula dari sikap optimisme bahwa tidak ada namanya misi yang terlalu sederhana atau misi yang hebat.

“Menjalani rencana memang baik untuk mengukur pencapaian. Tapi peluang biasanya muncul di luar rencana”

 

© 2016 – 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..