Perbatasan Negara Unik Di Dunia

 

Garis perbatasan sebuah negara dengan negara lainnya merupakan hal yang sangat penting, baik dipandang dari sisi politik, geografis dan terutama sisi kedaulatan suatu negara. Dan berikut perbatasan-perbatasan negara yang unik di dunia.

Perbatasan Amerika Serikat – Rusia

Diomedes adalah sepasang pulau di Selat Bering. Diomede kecil adalah pulau tempat kota Diomede Amerika berada, dengan populasi 146 orang. Diomede Besar milik Rusia dan tidak dihuni. Dua pulau ini terpisah hanya sekitar 2,5 mil (empat kilometer).

 

Garis Penanggalan Internasional juga melewati di antara dua Diomede ini. Sehingga ketika warga Diomede Kecil melihat ke seberang selat pada Diomede Besar, mereka tidak hanya melihat negara lain, mereka juga melihat “hari esok”, misalnya, ketika Sabtu pukul 9 pagi pada Diomede kecil, waktu ini adalah 6 pagi hari Minggu pada Diomede Besar. Di Diomede Kecil telah didirikan sebuah Kamera yang mengarah ke selat. Pengunjung dapat mengontrol kamera, sehingga dapat melihat lebih jelas dari sisi ke sisi pulau Diomede Besar, yang artinya sama saja dengan melihat masa depan.

 

Perbatasan Rusia – Cina – Korea Utara

Tumen adalah sungai di Timur Laut Asia. Di daerah dekat pantai, di perbatasan antara Rusia dan Korea Utara, dekat bagian selatan Danau Khasan, sungai Tumen memisahkan antara Rusia dan Korea Utara dan sungai itu sendiri sebenarnya adalah wilayah Cina.

Dengan demikian, di daerah ini, Anda bisa mulai di Korea Utara, dan hanya dengan berjalan kaki ke Utara kurang dari setengah mil, Anda akan melewati China dan berakhir sampai di Rusia. Meskipun hal ini mungkin bukan ide yang baik. Daerah ini adalah tempat yang sering digunakan warga Korea Utara untuk mencoba menyeberang, karena alasan itu, daerah ini sangat dijaga ketat oleh tentara Korea Utara.

 

Perbatasan Korea Utara – Korea Selatan

 DeMilitarized Zone (DMZ) Korea adalah strip tanah yang panjangnya sekitar 160 mil (258 kilomters) dan lebar 2,5 mil (4 km), membagi Korea Utara dan Selatan. Ini adalah perbatasan paling militeristik di dunia. Karena perbatasan tersebut sangat dijaga ketat dan hampir tidak ada yang pernah memasukinya. Dan secara tidak sengaja menciptakan daerah pelestarian alam. Sejumlah spesies yang terancam punah telah tinggal di sana, dan ada indikasi bahwa beberapa dari mereka bahkan populasinya meningkat.

DMZ ini juga terkenal dalam hal bahwa ini bukanlah menggambarkan sebuah batas, melainkan mengelilingi sebuah “Garis Demarkasi Militer”, atau MDL. Sebuah perbatasan antara dua Korea tidak dapat disetujui secara resmi, karena dua negara ini secara teknis masih berperang. Sebuah gencatan senjata disepakati pada tahun 1953, tetapi tidak pernah ada perjanjian perdamaian yang sebenarnya.

 

Perbatasan India – Bangladesh

Cooch Behar-Distrik memiliki perbatasan agak mirip dengan perbatasan Baarle-Nassau/Baarle-Hertog. Ada sejumlah bidang di bawah yurisdiksi Bangladesh yang terletak di dalam India, dan sebaliknya. Sebuah keganjilan tambahan adalah daerah India Balapara Khagrabari. Sebagai sebuah eksklave, wilayah hukum atau politik yang sama, yang berada pada wilayah lain atau wilayah negara lain yang berada di dalam wilayah suatu negara, dikelilingi oleh wilayah Bangladesh. Namun, juga mengelilingi wilayah lain Bangladesh, dan wilayah itu sendiri mengelilingi wilayah India, Dahala Khagrabari, sehingga menjadi satu-satunya tempat di dunia di mana sebuah eksklave berisi eksklave yang mengandung eksklave lagi. Pusing kaaan???!!! 

 

Perbatasan Kanada – Amerika Serikat

Kota Derby Line dilintasi oleh perbatasan AS – Kanada. Perbatasan tepat melewati kota, bahkan melalui beberapa bangunan dan rumah. Dalam beberapa kasus, sebuah keluarga memasak makanan di satu negara dan memakannya di negara lainnya. Derby Line juga rumah bagi Haskell Free Library dan Opera House, yang sengaja dibangun di perbatasan. Panggung opera di Kanada, tetapi pintu masuk ke opera, dan sebagian besar kursi, berada di Amerika Serikat. Karena bangunan itu melintasi perbatasan, ia memiliki dua alamat surat, satu untuk AS dan satu untuk Kanada.

 

Perbatasan Nepal – Cina

Perbatasan Nepal dan China membentang tepat di tengah-tengah gunung Everest, termasuk di puncaknya, sehingga Everest tidak hanya gunung tertinggi, tetapi juga daerah perbatasan tertinggi.

 

Perbatasan Belanda – Belgia

Baarle-Nassau adalah Kota di Belanda. Kota ini terdapat sebuah perbatasan yang tidak biasa dengan kota  Baarle-Hertog, Belgia. Baarle-Hertog terdiri dari 26 bagian yang terpisah dikelilingi oleh Baarle-Nassau, tetapi beberapa bagian dari Baarle-Hertog juga memiliki wilayah milik Baarle-Nassau.

Bagian terkecil milik Belgia hanya seluas dua pertiga acre (seperempat hektar). Perbatasan ini begitu rumit sehingga bahkan ada beberapa rumah yang terbelah olehnya.

 

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..