Prinsip Dasar Infografis

Dalam membuat infografis, ada 3 prinsip dasar yang sebaiknya dipenuhi guna mencapai tujuan, yaitu sampainya informasi kepada pada pembaca infografis dengan cara yang sederhana, tanpa harus memaksa otak bekerja keras, dan dalam waktu yang relatif singkat.

1- Kesimbangan

Keseimbangan adalah poin pertama 3 prinsip dasar infografis. Seperti kita tahu, infografis umumnya terdiri atas image dan pesan. Penempatan image dan pesan sangat berpengaruh besar dalam visual infografis. Layaknya isi sebuah rumah, penempatan perbaot di dalamnya memungkinkan nuansa rumah terkesan lebih sempit atau malah lebih luas. Salah satu cara terbaik penempatan image dan pesan (teks) di dalam desain infografis via slide powerpoint ataupun keynote adalah dengan keseimbangan. Cara ini adalah cara termudah mendesain infografis supaya enak dilihat dan mudah dibaca. Berikut adalah contoh tata letak infografis di dalam sebuah slide presentasi. 

 

2- Kesederhanaan

Menurut John Maeda penulis buku The Laws of Simplicity, ada 2 cara termudah untuk menghasilkan kesederhanaan, yaitu dengan reduksi (pengurangan isi) dan organisasi (pengaturan posisi). Di dalam slide 2 cara ini sangat mendukung tampilan infografis yang memukau. Cobalah mengurangi isi slide Anda dengan membuang kata-kata yang kurang berisi, seperti kata hubung, kata berulang dan kata yang bukan merupakan pokok pembahasan slide. Ganti pula pokok pembahasan dengan icon atau gambar yang mewakili. Dengan pengurangan slide Anda terkesan lebih simpel dibaca. Selanjutnya, lakukan organisasi atau pengaturan isi slide, dengan memberi urutan, pengaturan posisi kanan dan kiri serta menghubungkan pesan dengan image yang ada. 

 

3- Mudah Dibaca

Mudah dibaca ini juga termasuk membuat orang ingin membaca dan mudah dipahami oleh pembacanya. Artinya selain penempatan image dan teks yang harus disesuaikan dengan cara mata manusia untuk membaca, ukuran teks atau font yang tertera di dalam slide infografis harus diperhatikan. Mata manusia memandang dari kiri atas ke kanan bawah. Oleh karena itu sangat penting untuk menempatkan pesan-pesan penting bagian kiri atas. Berikut adalah pola mata manusia saat membaca sebuah informasi: 

 

 

 

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..