Rekomendasi Situs Untuk Literatur Ilmiah

 

Saat ini sudah banyak situs-situs yang dapat dijadikan sumber pencarian bahan-bahan literatur ilmiah yang menyediakan referensi data yang diperlukan dan dapat dipercaya.

Dan berikut situs-situs tersebut di bawah ini,

Academia

Situs yang memiliki layanannya layaknya sosial media sehingga memungkinkan kamu untuk berkomentar memberikan saran, banyak memuat tentang penelitian-penelitian yang dilakukan oleh orang lain.

https://www.academia.edu/

 

Eureka Pendidikan

Situs ini memuat artikel berisi pendapat para ahli dalam bentuk opini dan ntuk mendapatkan artikel dari situs ini, kita harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari penulis aslinya.

http://www.eurekapendidikan.com/

 

Google Scholar

Situs besutan google ini menyediakan publikasi ilmiah dan jurnal-jurnal online yang dapat diakses secara online dan gratis sehingga bisa memudahkan mengutip data-data yang dibutuhkan.

https://scholar.google.co.id/

 

Indonesian Publication Index

Hampir serupa dengan Google Scholar maupun Microsoft Academic. Bedanya situs ini menyediakan publikasi ilmiah dalam bahasa Indonesia saja.

http://id.portalgaruda.org/

 

Library Genesis

Situs ini menyediakan buku-buku digital berformat pdf, mobi, hingga ePub di bidang-bidang ekonomi, politik dan bahasa secara lengkap. Tetapi situs ini memiliki kekurangan, yaitu keyword filter yang digunakan dalam situs ini kurang akurat.

http://libgen.io/

 

Literature

Situs yang menyediakan penelitian-penelitian bidang sastra, namun kita tidak dapat men-download dalam format pdf, ePub atau kindle.

 

http://literature.org/

 

Microsoft Academic

Situs miliki Microsoft ini memiliki filter-filter yang lebih menjurus ke bidang ilmu yang sangat luas dengan metode pencarian jurnalnya tergolong sangat mudah jika dibandingkan dengan situs jurnal penelitian lainnya.

http://academic.microsoft.com/

 

Oapen Library

Situs ini hanya menampilkan buku-buku penelitian yang telah lolos uji baca akademisi terpilihlah sehingga sangat terpercaya referensinya dan hanya fokus pada penelitian dalam ranah sosial humaniora.

http://www.oapen.org/home

 

Open Library

Situs raksasa yang dapat diakses secara offline.

http://openlibrary.org/

 

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Situs ini merupakan layanan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, memiliki jurnal-jurnal ilmiah yang dapat di-download secara gratis dengan sebelumnya mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu.

http://e-resources.perpusnas.go.id/

 

Project Gutenberg

Situs yang merupakan proyek Michael Hart ini sudah ada sejak tahun 1971 dan menyediakan sekitar 49.000 judul buku dari berbagai subjek dari sastra, fabel, sejarah, hingga sains.

http://www.gutenberg.org/

 

Research Gate

Situs tempat berkumpulnya para peneliti dari seluruh dunia, dimana kita dapat bebas untuk berinteraksi dengan bertanya dan berpendapat melalui forum yang disediakan.

http://www.researchgate.net/

 

Science Direct

Situs yang berisi karya tulis dari bermacam penjuru negara di dunia, memiliki lebih dari 34.000 buku dan 3.500 jurnal.

http://www.sciencedirect.com/

 

Wiley Online Library

Situ ini memiliki koleksi lebih dari enam juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online dan ratusan referensi yang dapat diakses secara gratis.

http://onlinelibrary.wiley.com/

© 2017, bastamanography.id.

saya percaya para pengunjung dan pembaca tulisan-tulisan di website ini adalah mereka yang termasuk golongan cerdas dan terpelajar, yang mampu berkata santun, berkritik disertai saran yang membangun dalam berkomentar, terima kasih ..